Perkuliahan Karyawan (P2K/PKK) ~ S1, D3, S2 |
Lihat juga : » Daftar/Tabel Program Studi| Nama Program Studi | : | Teknik Informatika (S-1) | | Rumpun Ilmu | : | Ilmu Teknik atau Ilmu Komputer atau Sains | | Konsentrasi / Kekhususan / Peminatan | : | ✑ Teknik Informatika ✑ Analisis dan Desain Sistem Informasi untuk Bisnis ✑ Application Programmer ✑ Artificial Intelligent ✑ Database Administrator ✑ Internet ✑ Jaringan/Networking ✑ Komputer Grafik ✑ Konsultan Pengembangan Sistem ✑ Multimedia ✑ Network Administrator ✑ Programing ✑ Rekayasa Perangkat Lunak ✑ Sistem Multimedia ✑ System Analysis ✑ System Designer ✑ Web Programmer | | Gelar / Sebutan Lulusan | : | Sarjana Teknik atau Sarjana Komputer atau Sarjana Sains atau Insinyur | | Singkatan Gelar sesuai EYD | : | S.T. atau S.Kom. atau S.Si. atau Ir. | | Singkatan Gelar yang populer (digunakan masyarakat / umum) | : | ST. atau SKom. atau SSi. atau Ir. | | PTS Penyelenggara (silakan klik) | : | ✑ UNIMUS - Universitas Muhammadiyah Semarang ✑ ITBU - Institut Teknologi Budi Utomo, Jakarta ✑ STTM - Sekolah Tinggi Teknologi Mandala, Bandung ✑ ISTA - Institut Sains dan Teknologi Al Kamal, Jakarta ✑ UNKRIS - Universitas Krisnadwipayana, Jakarta ✑ STTB - Sekolah Tinggi Teknologi Bandung ✑ STIKI-MALANG - Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia, Malang ✑ UNISA - Universitas Islam Al-Ihya, Kuningan ✑ UNAKI - Universitas AKI Semarang ✑ KAHURIPAN - Universitas Kahuripan Kediri ✑ MPU TANTULAR - Universitas Mpu Tantular Jakarta ✑ UNUGHA - Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali ✑ UBY - Universitas Boyolali ✑ TAU - Tanri Abeng University ✑ ubudiyah - Universitas Ubudiyah Indonesia ✑ sttsaptataruna - STT Sapta Taruna ✑ UNU Kaltim - Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur ✑ IVET- Universitas Ivet ✑ FK MH Thamrin - Fakultas Komputer (FK) Universitas MH Thamrin ✑ NUSANTARA - Universitas Nusantara, Manado ✑ UPA - Universitas Patria Artha ✑ UWK - Universitas Widya Kartika ✑ UTN - Universitas Teknologi Nusantara Bogor ✑ Parna Raya - Universitas Parna Raya Manado ✑ USM - Universitas Saintek Muhammadiyah Jakarta ✑ Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon ✑ ISTN Jakarta - Institut Sains dan Teknologi Nasional Jakarta ✑ BUDDHI DHARMA - Universitas Buddhi Dharma Tangerang ✑ FTUMJ - Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta ✑ Universitas Satyagama Jakarta - Universitas Satyagama Jakarta ✑ STT STIKMA Internasional - Sekolah Tinggi Teknologi STIKMA Internasional | | Beban Studi dan Masa Studi : | Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke S1 Informatics Engineering | Beban Studi = 144 - 152 sks | Masa Studi = 8 semester | Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke S1 Informatics Engineering | Beban Studi = 40 - 46 sks (bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program studinya) | Masa Studi = 3 semester | Lulusan D2, S1, D1, pindahan melanjutkan ke S1 Informatics Engineering | Beban Studi = dihitung dari sisa sks | Masa Studi = Dihitung sisa sks |
| | Kurikulum / Mata Kuliah | : | Lihat di bawah ini | | Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja / Karir Lulusan) | : | Lihat di bawah ini |
Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).
Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.
Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.
Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Teknik Informatika (S-1) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.
| Prospektus S1 Teknik Informatika | Teknik Informatika (Teknologi informasi, komputer, internet dan telekomunikasi) merupakan bidang yang paling cepat berkembang dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor, khususnya sektor manufaktur komputer dan perusahaan jasa, software house, konsultasi IT, serta berbagai bidang yang terkait teknologi informasi.
Untuk menghadapi liberalisasi informasi dalam era globalisasi, sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang teknologi informasi yaitu bidang teknik informatika.
Teknik Informatika sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, perkembangan berbagai disiplin informasi ilmu, baik sains maupun teknologi yang secara spesifik mengolah fakta-fakta simbolik (data) menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Teknik Informatika mendasarkan pendekatan logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam memecahkan berbagai masalah.Kompetensi Lulusan S1 Teknik Informatika Lulusan Program Studi Teknik Informatika dibekali dengan pengetahuan, etika, ketrampilan dan kemampuan merancang, mengaplikasi dan mengembangkan sistem teknologi informasi dan komunikasi pada bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Sistem Informasi Manajemen (SIM), Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Jaringan Komputer (Computer Networking), Software Engineer, Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence), Permainan & Program Sistem Tertanam (Game & Embedded System Program), Sistem Database (Data Base System), dsb.
Kompetensi umum/dasar Sarjana Teknik Informatika adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang teknik informatika; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang teknik informatika, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang teknik informatika, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Program Studi Teknik Informatika memiliki kompetensi dan keahlian rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, basis data, kecerdasan buatan dan pemrogramman game dan sistem embeded yang mampu beradaptasi terhadap perkembangan Teknologi Informasi guna memberikan model solusi sistem berbasis komputer; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi, dsb.Profesi dan Karir Lulusan S1 Teknik Informatika Sarjana Teknik Informatika dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Specialist in IT Security, Mobile Application Programmer dan Design, Information and Communication Technology (ICT) Consultant, Web Developer, Artificial Intelegence Applicator, ICT Project Manager, ICT Researcher, dsb.
Berkarir/bekerja pada bidang Sistem Informasi Korporasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Database, Networking, Software, Multimedia, E-Business di Konsultan IT/IS, Perusahaan Telekomunikasi, Industri Manufaktur, Bank, Asuransi dan lembaga keuangan lainnya, Perusahaan Networking, Internet Service Provider, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, dsb), Instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi, dsb.
Berkarir/berprofesi sebagai Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Artificial Intelligent, Computer Networking, System Support, System Design, Database Administrator, Web Developer & Designer, Game & Embedded System Program, Programmer Analyst, Software Engineer, Tenaga Pengajar/Dosen, dsb.
Menjadi Technoprenuer dengan mendirikan jasa konsultan Information Communication Technology System, Business & system analysis, Software Engineer, Game Developer, Progammer, dsb.
| Mata Kuliah S1 Teknik Informatika | * = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Algoritma dan Pemrograman | 3 | | Aljabar Linier dan Matrik | 3 | | Analisa dan Perancangan Berorientasi Objek | 3 | | Analisa dan Perancangan Perangkat lunak * | 4 | | Analisa dan Perencanaan Sistem * | 3 | | Aplikasi Komputer | 3 | | Aplikasi Multimedia * | 2 | | Arsitektur dan Organisasi Komputer | 3 | | Bahasa Indonesia dan Tata Tulis Ilmiah | 2 | | Bahasa Inggris I | 2 | | Bahasa Inggris II | 2 | | Bahasa Inggris III * | 2 | | Bahasa Inggris IV * | 2 | | Bahasa Rakitan * | 2 | | Basis Data | 3 | | Client-Side Scripting * | 3 | | Dasar Komputer | 2 | | Dasar Router * | 3 | | Data Mining * | 2 | | Data Ware House * | 2 | | Etika Profesi | 2 | | Fisika Dasar | 3 | | Fisika Modern * | 3 | | Grafik Komputer * | 3 | | Hukum Bisnis * | 2 | | Intelegensi Buatan * | 2 | | Interaksi Manusia dan Komputer | 3 | | Jaringan komputer dan Keamanan Data I | 4 | | Jaringan Komputer dan Keamanan Data II * | 4 | | Kalkulus I | 2 | | Kalkulus II | 2 | | Keamanan Jaringan * | 3 | | Keamanan Komputer * | 3 | | Kecakapan Antara Personal * | 2 | | Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) | 4 | | Kerja Praktek | 2 | | Kewarganegaraan | 2 | | Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis | 3 | | Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis Lanjut * | 2 | | Kimia Dasar * | 2 | | Komputer dan Masyarakat | 3 | | Komputer Grafik * | 3 | | Komunikasi Data * | 3 | | Konsep Bahasa Pemrograman * | 3 | | Konsep Teknologi * | 2 | | Kriptografi * | 3 | | Logika Informatika | 3 | | Manajemen Jaringan * | 2 | | Manajemen Proyek Perangkat Lunak | 3 | | Manajemen Proyek Teknologi Informasi * | 3 | | Manajemen Transaksi Basis Data * | 3 | | Matematika Distrik | 3 | | Metode Numerik * | 3 | | Metodologi Penelitian Teknologi Informasi | 2 | | Microprogramming * | 3 | | Model dan Simulasi (Praktek) * | 3 | | Multimedia * | 3 | | Multimedia 3D dan Animasi * | 2 | | Oracle * | 4 | | Pemodelan 2D / 3D * | 3 | | Pemodelan dan Simulasi * | 3 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Pemrograman Assembler * | 3 | | Pemrograman Berorientasi Objek | 3 | | Pemrograman C++ * | 3 | | Pemrograman Jaringan * | 3 | | Pemrograman P/L SQL * | 4 | | Pemrograman Visual Client Server * | 3 | | Pemrograman Visual Multitier * | 3 | | Pemrograman Web Enterprise * | 3 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila | 2 | | Pengantar Teknologi Informasi | 3 | | Pengolahan Citra * | 3 | | Perancangan Basis Data * | 3 | | Perancangan OOP + Praktikum | 3 | | Praktikum Algoritma dan Pemrograman | 1 | | Praktikum Analisa Berorientasi Objek | 1 | | Praktikum Bahasa Rakitan * | 1 | | Praktikum Basis Data | 1 | | Praktikum Dasar Kopumter | 1 | | Praktikum Data Warehouse dan Data Mining * | 1 | | Praktikum Fisika Dasar | 1 | | Praktikum Hardware dan Software | 4 | | Praktikum Jaringan | 1 | | Praktikum Kecerdasan Buatan * | 1 | | Praktikum Konsep Bahasa Pemrograman | 1 | | Praktikum Linux | 4 | | Praktikum Multimedia | 1 | | Praktikum Pemograman Mobile Java * | 4 | | Praktikum Pemrograman Orientasi Objek | 1 | | Praktikum Pemrograman Web | 1 | | Praktikum Perancangan Basis Data | 1 | | Praktikum Php MySQL | 4 | | Praktikum Pilihan Program Desktop I * | 4 | | Praktikum Pilihan Program Desktop II * | 4 | | Praktikum Sistem Multimedia * | 1 | | Praktikum Sistem Operasi | 1 | | Praktikum Struktur Data | 1 | | Praktikum Vb.Net * | 4 | | Rangkaian Digital * | 3 | | Rekayasa Perangkat Lunak I + Praktek * | 4 | | Rekayasa Perangkat Lunak II + Praktek * | 4 | | Riset Teknologi Informasi | 3 | | Seminar Tugas Akhir | 1 | | Server-Side Scripting * | 3 | | Sistem Basis Data | 3 | | Sistem Berkas * | 3 | | Sistem Informasi Manajemen | 3 | | Sistem Keamanan Komputer * | 3 | | Sistem Multimedia * | 3 | | Sistem Operasi | 3 | | Sistem Perangkat Lunak * | 3 | | SQL Server * | 4 | | Statistika dan Probabilitas | 3 | | Struktur Organisasi Data | 3 | | Teknik Kompilasi * | 3 | | Teknik Simulasi * | 2 | | Teknologi dan Sistem Basis Data* | 3 | | Teori Bahasa dan Automata * | 3 | | Teori Komputasi * | 2 | | Tugas Akhir (Skripsi) | 6 |
| |
|
|
| |
| |